Cara Menghemat Listrik

Cara Menghemat Listrik...
Cara menghemat listrik. Kenaikan BBM yang terasa menyiksa kepada ke hidupan kita ditambah lagi dengan kenaikan tarif dasar listrik menjadikan biaya hidup standar menjadi meningkat. Hal ini memaksa kita untuk berusaha lebih keras lagi di bandingkan dengan yang dulu serta kita harus mengambil langkah yang efektif untuk melakukan penghematan di berbagai aspek yah termasuk menghemat listrik.
Anjuran pemerintah untuk menghemat tenaga listrik yang digunakan dirumah-rumah itu banyak disosialisasikan belakangan ini, mengingat semakin berkurangnya cadangan energi listrik di negara ini akibat dari pemakaian terlalu tinggi serta tidak diimbangi denga pengadaan sumber energi terbarukan.

Berikut ini adalah beberapa tips cara menghemat listrik di rumah supaya penggunaannya efisien dan maksimal.
  1. Bersihkan kulkas dengan rutin agar kinerjanya tetap optimal. Isi secukupnya jangan berlebihan serta hindari membuka tutup pintu kulkas secara rutin.
  2. Gunakan alat-alat elektronik anda seperlunya, matikan ketika tidak dipakai dan cabut kabelnya jangan sampai terus menancap pada sumber arus listrik (PLN)
  3. Jika anda akan menghidupkan pompa air sebaiknya anda menampung terlebih dahulu supaya tidak terlalu sering menyalakan pompa air
  4. Buatlah pentilasi udara dirumah anda dengan baik agar anda tidak menggunakan AC dirumah, serta perbanyaklah tanaman disekitar rumah anda
  5. Rawat intalasi dirumah anda dan gunakan alat-alat ukur yang sesuai untuk mengecek
  6. Gunakan laptop dibadingkan destop, apabila harus menggunakan destop gunakan layar lcd. layar LCD lebih hemat energi.
  7. Jika anda ingin menggunakan AC gunakanlah AC yang berinferter, dan atur suhu ac karena semakin dingin ac semakin banyak energi yang dibutuhkan.
  8. Buat sistem penerangan dengan baik supaya anda tidak menggunakan lampu diwaktu siang hari.
  9. Gunakan lampu yang hemat energi seperti LED untuk memberikan pencahayaan yang baik didalam maupun diluar rumah.
  10. Utamakan penggunaan alat-alat elektronik yang hemat energi.
  11. Buat jadwal mencuci dalam satu minggu, dan gunakan mesin cuci sesuai kapasitas, jagan berlebihan jagan pula kekurangan. gunakanlah pengering apabila benar-benar dibutuhkan.
  12. Yang terakhir buatlah jadwal menyetrika satu minggu satu kali. cari hari dimana penggunaan listrik tidak banyak karena setrika memerlukan energi panas yang banyak.
  13. Beralihlah ke listrik yang menggunakan pulsa supaya pemakaian listrik sangat terkontrol.
Inti dari cara menghemat listrik adalah dengan cara mengontrol pemakaian listrik dan, gunakan listrik seperlunya dan jika tidak diperlukan sebera matikan perangkat yang menggunakan daya listrik. Nah mungkin hanya itu saja yang bisa saya berikan tentang tips menghemat listrik di rumah anda semoga bermanfaat. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates: